Jumat, 02 Desember 2011

Morelia viridis



 




TUGAS INDIVIDUAL
TAKSONOMI VERTEBRATA

Tentang
Ular Chondro (Morelia viridis)

Oleh :
FITRIA GUSTI
09.106.029

Dosen :
Aadrean, M.Si


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
BATUSANGKAR
2011

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjITDkcEIw-wBZDsayyvWxOgYQxHHZiF2faZStkLfZfB_l0iTCOypfAC7XeD9FYU4OGlAiK47_SUyMAd9FYKQv4zhkDJiC0jcl-Y32APBdsKrXBrsMX6itWYOK1RQteCTOf5MV1xkQH7HHf/s320/large0935a687114f440caa3317a467a9d45a.jpg
A.    Klasifikasi
Kerajaan:
Filum:
Subphylum:
Kelas:
Urutan:
Subordo:
Keluarga:
Genus:
Spesies:
M. viridis

B.     Deskripsi

Panjang
2,20 mm (tinggi); avg. 1,50 mm
(0,09 dalam; avg 0,06 di.)
Morelia viridis mencapai panjang rata-rata 1,5 meter; dengan spesimen yang tercatat terbesar adalah 2,2 meter panjangnya. Timbangan kepala tidak teratur dan kecil dan panas-sensing labia mereka lubang hanya ditemukan di dalam sisik di bibir atas. Dpt memegang ekor mereka, membantu mereka untuk memanjat. Ular pohon hijau tidak muncul untuk menunjukkan dimorfisme seksual di masa dewasa, namun, pada jarak yang lebih kecil remaja perempuan memiliki kedua kepala yang lebih luas dan lebih lama jika dibandingkan dengan laki-laki dengan ukuran hampir sama .
Sebagai ular dewasa, ular pohon hijau menampilkan hijau brilian atas sebagian tubuh mereka. Pada permukaan dorsal punggung kita ada yang berbeda dari timbangan yang biasanya putih untuk warna kuning di dan bentuk garis patah atau terus menerus di sepanjang tubuh. Ventrally, timbangan umumnya kuning. Namun, beberapa individu mungkin memiliki sisik ventral lebih kusam kuning ke putih dan memiliki semburat biru tersebar pada skala permukaan.
Piton Juvenile pohon hijau mungkin baik kuning cerah atau bata-merah. Sepanjang permukaan dorsal, mereka menunjukkan serangkaian bercak putih bermata hitam atau cokelat. Bercak ini dapat berupa simetris atau secara acak ditempatkan pada kedua sisi tubuh. Dalam kedua morphs warna, putih bermata beruntun dalam menjalankan hitam dari lubang hidung melalui mata dan ke bagian belakang kepala. Distribusi dari dua morphs warna tampaknya menjadi berbeda, meskipun tidak jarang untuk kedua morphs warna yang akan di kopling yang sama dalam situasi penangkaran. Di alam liar, hanya morph kuning telah tercatat di Australia. Meskipun buruk diteliti, morph merah tampaknya harus dibatasi untuk pulau Biak dan Lembah Baliem di Papua, Indonesia dan di cekungan Sepik Papua New Guinea. Dalam beberapa populasi Morelia viridis, orang dewasa mungkin tidak sepenuhnya berubah ke hijau dan akan mempertahankan beberapa warna kuning mereka remaja .

C.    Kisaran Geografis

Ditemukan di Indonesia ( Misool , Salawati , Kabupaten Kepulauan Aru , Schouten Islands , sebagian besar dari Barat New Guinea ), Papua Nugini (termasuk pulau-pulau terdekat dari permukaan laut sampai ketinggian 1.800 m, Normanby Pulau dan Kepulauan d'Entrecasteaux) dan Australia ( Queensland bersama pantai timur Semenanjung Cape York ). Para lokalitas jenis yang diberikan adalah "Aroe-eilanden" (Kepulauan Aru, Indonesia).
Spesies ini sympatric dengan M. spilota dan dua sering bersaing di relung ekologis yang sama.
http://images.fryanditaslim.multiply.com/image/QTEuVZ4c7SEtyGAkdNc+vA/photos/1M/300x300/7311/Irian-Jaya-Map-Chondro-Copy.jpg?et=ZzaWIePVH9cCRO5ebIjBRw&nmid=0

D.    Perkembangan

Ular pohon hijau adalah sekitar 30,5 cm panjang ketika mereka menetas. Pada tahap ini, mereka baik kuning cerah atau bata-merah. Mereka harus mengalami perubahan warna ontogenetik dalam rangka memperoleh warna hijau mereka dewasa. Hal ini umumnya terjadi antara enam bulan dan satu tahun usia, tetapi tidak bertepatan dengan kematangan seksual, seperti yang diharapkan. Sebaliknya, pada usia ini, remaja python akan antara 53 dan 59 cm panjang dan cukup besar untuk mengubah perilaku mencari makan dan habitat. Setiap tahap warna muncul untuk menyediakan kamuflase yang cocok untuk habitat terdekatnya. Sebagai ular muda, warna merah atau kuning campuran yang lebih baik di celah hutan atau tepi, di mana hewan yang lebih kecil berada. Warna hijau dewasa menyatu terbaik di kanopi tertutup hutan hujan, di mana mangsa yang lebih besar hidup. Perubahan umumnya tidak mengaitkan dengan peristiwa shedding dan mungkin terjadi secepat semalam atau memakan waktu selama beberapa bulan. Individu Morelia viridis Merah memakan waktu lebih lama untuk menjalani perubahan ini sebagai meringankan mereka pertama kali menjadi warna kuning, beberapa patch pada satu waktu, dan kemudian kemudian berubah menjadi warna hijau mereka dewasa .

E.     Reproduksi

Pemuliaan      Interval
Ular pohon hijau memiliki siklus perkembangbiakan sangat musiman, namun, beberapa anak yang ditemui dalam satu tahun menunjukkan bahwa ular tidak berkembang biak setiap tahun.
Pemuliaan      musim
Perkawinan belum dicatat untuk ular pohon hijau di alam liar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bertelur terjadi pada bulan Oktober, seperti penetasan berlangsung pada November.
Jumlah keturunan
6-32
Periode kehamilan
39-65 hari; avg. 50 hari
Usia kedewasaan seksual atau reproduksi (perempuan)
3,60 tahun (rata-rata)
Usia kedewasaan seksual atau reproduksi (pria)
2,40 tahun (rata-rata)
Ular pohon hijau memiliki siklus perkembangbiakan sangat musiman, namun, beberapa anak yang ditemui dalam satu tahun menunjukkan bahwa ular tidak berkembang biak setiap tahun. Musim kawin yang sebenarnya di alam liar tidak diketahui, meskipun di penangkaran dapat berkisar luas dari bulan Agustus sampai Januari dan cenderung dirangsang dengan timbulnya front tekanan rendah dan badai. Seperti berlaku untuk semua ular, Morelia viridis berkembang biak secara bertelur. Di alam liar, perempuan berbaring cengkeraman mereka pada Oktober lalu induk mereka untuk sekitar 50 hari, tetapi hal ini dapat berkisar 39-60 hari. Penetasan terjadi pada bulan November, sesuai dengan awal musim hujan di wilayah Australia. Pada menetas, ular pohon hijau adalah sekitar 30,5 cm panjang dan dapat berupa kuning bata-merah atau terang. Mencapai kematangan seksual dapat memakan waktu beberapa tahun dan dapat lama setelah mereka telah berubah menjadi betina  hijau dewasa. Pada jantan, kedewasaan seksual dilaporkan terjadi setelah 2,4 tahun dan pada betina, kedewasaan seksual terjadi setelah 3,6 tahun .
Ular pohon hijau menunjukkan beberapa perawatan ibu dengan mengerami telur mereka sebelum mereka menetas. Dalam penangkaran, perempuan telah diamati melingkar sekitar cengkeraman mereka. Mereka akan sering gemetar dan kontrak koil mereka, tampaknya untuk menghasilkan panas metabolik dan dengan demikian mempertahankan suhu merenung ideal, yang berkisar 84-88 derajat Fahrenheit. Setelah menetas muda, bagaimanapun, ada tampaknya tidak akan ada pengasuhan.

F.     Masa Hidup / Panjang Umur

Rata-rata umur (liar)
3,40 tahun
Ekstrim umur (liar)
12 tahun (tinggi)
Ekstrim umur (penangkaran)
20 tahun (tinggi)
Khas umur (liar)

Rata-rata umur (penangkaran)
20,60 tahun
Informasi tentang usia yang sebenarnya di alam liar adalah Morelia viridis terbatas untuk. Namun, populasi di Iron Range di Cape York Peninsula, Australia memiliki usia rata-rata 3,4 tahun. Hal ini diperkirakan bahwa ular bisa hidup setidaknya selama 15 tahun, dengan usia maksimum 19. Ular pohon hijau di penangkaran telah tinggal hanya sedikit lebih panjang dengan rekor usia di 20 tahun.

G.    Perilaku

Wilayah Ukuran
62100 m ^ 2 (rata-rata)
Morelia viridis adalah python yang paling arboreal spesies, meskipun dapat ditemukan di tanah sesekali. Sebagai orang dewasa, mereka aktif di malam hari dan berburu terutama di malam hari ketika mangsa yang lebih besar nokturnal yang aktif juga. Sebelum mengubah warna ontogenetik, ular pohon hijau adalah diurnal, bertepatan dengan mangsa yang lebih kecil yang aktif di siang hari.
Ular pohon hijau menunjukkan dua postur yang berbeda tergantung pada apakah mereka sedang beristirahat atau berburu. Dalam postur beristirahat, tubuh ular adalah melingkar dan tergantung di cabang horizontal atau anggur. Ini adalah bagaimana hewan umumnya digambarkan dalam foto-foto. Ketika beristirahat, ular pohon hijau sering berlindung di lubang pohon atau vegetasi epifit. Dalam postur berburu, akhir anterior tubuh diperpanjang dari cabang dan dilipat seperti akordeon, siap untuk menyerang tanah atau di cabang yang lebih rendah, sedangkan ujung posterior dibungkus aman di sekitar tempat bertenggernya. Ular pohon hijau biasanya mengubah antara postur hanya selama senja atau fajar untuk menghindari memberikan lokasi mereka .
Tingkat aktivitas yang berbeda antara kedua jenis kelamin. Wanita lebih mungkin untuk mengubah posisi mereka dari hari ke hari dibandingkan laki-laki. Mereka juga lebih aktif dan bergerak lebih jauh di bulan Februari. Sebaliknya, laki-laki lebih aktif pada bulan Januari dan Maret. Namun, dari sekitar bulan April sampai awal musim kawin berikutnya pada bulan Oktober, kedua jenis kelamin yang menetap dan tidak aktif. Ketika bergerak, jarak bepergian dengan ular dewasa sama dengan jarak perjalanan oleh remaja, tanpa memandang ukurannya relatif lebih kecil.

H.    Makanan Kebiasaan

Seperti dengan semua spesies ular lainnya, Morelia viridis adalah karnivora eksklusif. Mereka adalah obligat penyergapan predator makan pada reptil kecil, invertebrata, mamalia, dan burung sepanjang hidup mereka. Ada perubahan yang berbeda dalam kebiasaan makan mereka yang bertepatan dengan perubahan warna dari merah atau kuning ke warna hijau mereka dewasa. Setelah mereka menetas dari telur, mangsa utama mereka terdiri dari longipes Carlia dan invertebrata diurnal. Dalam penangkaran, bagaimanapun, tukik telah dikenal untuk mencopoti pasangan sarang. Juvenile ular pohon hijau kebanyakan makan hewan kecil, seperti kadal. Ketika mereka tumbuh dalam ukuran, ternganga mereka semakin besar dan mereka kemudian mampu menelan mangsa yang lebih besar vertebrata. Pada masa dewasa, ular pohon hijau makan terutama mamalia dan burung. Sebagai contoh, spesies mangsa utama bagi penduduk di Range Besi Semenanjung Cape York, Australia adalah tikus Rattus leucopus dan capensis Melomys. Karena mereka menyergap predator, ular pohon hijau tidak bergerak sering dan dapat menggunakan lokasi penyergapan yang sama sampai 14 hari, menunggu secara aktif mencari makan mangsa untuk datang dalam jangkauan. Caudal memikat telah diamati, khususnya di muda, di mana ujung ekor digunakan untuk menarik hewan-hewan kecil. Sementara strategi penyergapan makan tidak menghasilkan mangsa sering, ular pohon hijau memiliki sistem pencernaan yang efisien dan tidak membutuhkan makan sering
Predator utama dari ular pohon hijau burung hantu berwarna karat, butcherbirds hitam, dan berbagai macam raptor diurnal. Predator lainnya termasuk monitor mangrove, dingoes , dan Guinea Baru quolls
Strategi anti-pemangsa utama dari Morelia viridis adalah untuk menghindari predasi menggunakan warna samar dan perilaku bersembunyi, yang terutama efektif terhadap visual yang berorientasi predator burung. Sebagai remaja, pewarnaan kuning menyatu dengan baik di tepi hutan hujan di mana mereka ditemukan. Pada remaja dengan warna bata-merah, warna mereka kamuflase mereka lebih baik daripada morphs kuning terhadap non-berdaun latar belakang. Perlu dicatat bahwa pada spesies lain, merah dan kuning adalah warna peringatan yang khas untuk predator, bagaimanapun, ular pohon hijau tampaknya tidak memiliki pertahanan kimia juga tidak ada model yang berbahaya bahwa mereka akan meniru. Sebagai orang dewasa, ular pohon hijau menghuni kanopi hutan dan campuran warna hijau brilian mereka di banyak lebih baik daripada merah atau kuning. Hal ini menunjukkan secara adaptif untuk mengubah warna ontogenetik dalam spesies ini

I.       Peran Ekosistem

Sebagai predator, ular pohon hijau membantu mengurangi populasi spesies mangsa beberapa hewan pengerat, burung, dan kadal. Mereka juga berfungsi sebagai makanan bagi predator burung dan beberapa terestrial.

J.      Komunikasi dan Persepsi

Ular pohon hijau adalah ular soliter, sehingga sebagian besar komunikasi interspesifik. Mereka menggunakan lubang labia mereka serta pandangan ketika mencari mangsa. Lubang labial memungkinkan untuk pencitraan inframerah, yang sangat penting mengingat kebiasaan nokturnal mereka sebagai orang dewasa. Lubang labial juga dapat berfungsi untuk membantu para ular menemukan yang cocok penyergapan dan situs termoregulasi serta membantu mereka menghindari predator mungkin. Ketika menemukan calon pasangan, ular pohon hijau kimia feromon digunakan paling mungkin sebagai lawan isyarat visual.
K.    Green Tree Python Fakta menarik
Mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang reptil ini menakjubkan.
  • Python pohon hijau yang digunakan harus diklasifikasikan bawah Chondropython genus dan mereka satu-satunya anggota kelompok.
  • Para ular pohon hijau kini telah bergeser ke genus Morelia, membuat mereka berbagi kelompok dengan banyak ular Australia lainnya.
  • Para ular pohon hijau yang sering disebut 'Chondros', sebagai singkatan dari genus lama mereka.
  • Python pohon hijau adalah contoh terbaik evolusi paralel. Ini terlihat dan berperilaku seperti boa pohon zamrud Amerika Selatan. Namun, perbedaan utama antara kedua adalah, boa pohon zamrud melahirkan hidup muda dan pohon hijau python bertelur.
  • Pohon ular hijau tukik yang kuning cerah, oranye atau bata-merah warna. Mereka mengembangkan warna yang berbeda hijau mereka cerah setelah sekitar 6 sampai 8 bulan.








Daftar Pustaka
Annonimous.2011.Reptil.http://animalsreptiles.blogspot.com/ . diakses 24 Oktober     2011
Annonimuos.2009.Morelia viridis.http://fryanditaslim.multiply.com/journal/item/21. diakses 24 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar